Rabu, 10 Desember 2014

Cara Menghitung Kebutuhan/Volume pengecoran menggunakan beton/readymix

Lantai yang belum dicor
Ketika kita akan memesan/membeli suatu barang, sudah sewajarnya kita perlu mengetahui berapa kuantitas/ jumlah yang dibutuhkan bukan? tidak sedikit banyak customer yang menanyakan kepada Marketing berapa kebutuhan beton yang diperlukan untuk pengecoran lantainya. Disini saya akan mencoba menjelaskan secara ringkas cara menghitung kebutuhan beton untuk suatu proyek sederhana.

Contoh kasus :
suatu bangunan dengan ukuran panjang 10 meter x lebar 10 meter, untuk balok-balok sudah tercor, berapakah kebutuhan beton yang diperlukan untuk melakukan pengecoran lantai tersebut?

Jawab :
Volume/ kebutuhan beton  = V = ?
panjang = p = 10 meter
lebar = l = 10 meter
tebal plat lantai = t = 12cm = 0.12m (standar ketebalan plat lantai untuk rumah tinggal biasanya 12cm, bisa divariasikan sesuai perhitungan anda)

V = p x l x t
    = 10 x 10 x 0.12
   = 12 m3 

Maka volume yang dibutuhkan untuk pengecoran lantai proyek tersebut yaitu 12m3, 

dengan catatan bahwa balok-balok sudah tercor, jika balok-balok belum tercor, maka perlu diperhitungan juga untuk kebutuhannya, dan juga jangan lupa untuk memberikan safety factor (angka keamanan) pada volume tersebut untuk antisipasi jika ada beton yang terbuang, tertinggal di bak penampungan atau di pompa.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.